Tuesday 3 February 2015

Mengenal Kepribadian Lewat Tulisan

Penggunaan tulisan tangan untuk mendapatkan gambaran kepribadian seseorang sudah sangat lama dilakukan, bahkan mungkin sudah melebihi seratus tahun. Banyak orang cenderung berharap orang lain bisa mengerti dirinya tanpa dia harus membuka mulutnya untuk bercerita. Dalam kondisi seperti ini, untuk mempermudah dalam menggali karakter, persepsi, emosi dan perilaku seseorang, maka tulisan tangan adalah pilihan yang paling mudah, murah dan akurat. Meski cukup banyak pernak-pernik dan variasi, ada 11 hal utama untuk mempermudah kita dalam menganalisis suatu tulisan, di antaranya: margin/jarak pinggiran tulisan, spasi (antarhuruf, antarkata maupun antarbaris), garis dasar tulisan, ukuran tulisan, tekanan penulisan, zona penulisan, kemiringan tulisan, tipe tulisan, kecepatan penulisan, huruf-huruf unik dan terakhir tanda tangan.
1.    MARGIN ATAU JARAK PINGGIRAN TULISAN
       Ada berbagai pola margin tulisan, di mana masing-masing pola menceritakan hal mendasar tentang seseorang. Secara sekilas margin bercerita tentang pandangan dan hubungan seseorang dengan konsep ruang dan waktu. Untuk lebih memudahkan mengenali pola pemanfaatan margin, yuk simak beberapa contoh penggunaan margin berikut ini:  

 a. Margin kiri dan kanan ideal

Margin dapat dikatakan ideal apabila jarak tulisan dengan margin (pinggiran) sebelah kiri berkisar 1,5 – 2,5 cm dan sebelah kanan 0,5 – 1 cm. Tulisan dengan margin ideal umumnya dihasilkan oleh orang yang nyaman terhadap aturan-aturan sosial, selalu merencanakan tugas dengan baik dan masuk akal, tahu batas kemampuannya, serta bisa beradaptasi dengan baik. 

b. Margin rata di semua kiri

Tulisan dengan margin rata semua sisi hanya dapat dihasilkan oleh orang-orang yang terkontrol, terbiasa merencanakan segala sesuatu dengan baik dan lebih mengutamakan tampilan luar dirinya.

 c. Margin sebelah kiri yang sangat lebar

Margin kiri sering diasosiasikan dengan masa lalu seseorang. Oleh karena itu, orang yang mempunyai gaya penulisan dengan pinggiran kiri yang sangat lebar, umumnya adalah orang yang mempunyai masa lalu kelabu atau masa lalu yang tidak ingin diingat kembali. Hal ini terjadi karena ada semacam trauma yang sangat mengerikan, ada rasa malu berlebihan akibat pelecehan, ataupun hal-hal lain yang terlalu menyakitkan jika diingat kembali. Pinggiran kiri menunjukkan upaya penulis untuk menghalangi bangkitnya masa lalu yang menyakitkan.

  d. Margin sebelah kanan yang sangat lebar

Tulisan dengan margin lebar di sisi kanan menceritakan bahwa penulis sedang ragu-ragu menghadapi masa depan. Batas margin seolah menjadi tanda “stop” untuk area yang mungkin menakutkan atau tidak aman bagi penulis. Ciri orang dengan gaya penulisan lebar pada sisi kanan adalah selalu nampak bersemangat di awal tugas dan pekerjaan, namun semangat tersebut tidak berlangsung lama dan biasanya habis di pertengahan jalan.


e. Tidak ada margin
Ada suatu alasan mengapa hal ini bisa terjadi, kemungkinan karena penulis adalah seorang yang sangat efisien dan ingin memanfaatkan semua ruang yang ada. Namun, yang paling sering ditemui jika ada seseorang dengan gaya penulisan seperti ini, maka dapat dipastikan bahwa orang tersebut adalah orang yang hobinya memenuhi ruang dalam segala kiprahnya. Artinya, dia bukanlah orang yang mudah meletakkan kepercayaan kepada orang lain karena terlalu menganggap bahwa dirinya paling hebat dan paling mampu dalam segala hal.

f. Menabrak margin
Tulisan yang menabrak pinggir batas kanan maupun kiri merupakan isyarat kuat dari penulisnya bahwa ia tidak peduli dengan aturan umum, ingin jalan sendiri, menurut aturannya sendiri. Perilaku menabrak garis pembatas umumnya merupakan cerminan karakter yang tidak suka tatanan, aturan dan keterbatasan. Tidak hanya muncul dalam bentuk tulisan, dalam kehidupan sehari-hari pun orang dengan gaya tulisan menabrak kertas memang cenderung hidup “semau gue” dan susah untuk mengikuti aturan yang telah disepakati.  Namun, sisi positif dari orang dengan gaya penulisan seperti ini adalah kemampuan berpikir dan bertindak kreatif. Artinya, dia bisa jadi adalah orang yang punya ide baru atau berani tampil beda.

 g. Margin lebar pada keempat sisi tulisan

Jika tulisan dengan margin lebar pada keempat sisi dilihat sekilas, maka akan nampak seperti bingkai foto. Penulis dengan gaya seperti ini maka bisa dipastikan bahwa ia adalah orang yang suka mengisolasi diri. Dia cenderung bekerja sendiri dan sering alergi berdekatan dengan orang lain. Bagi orang tersebut, orang lain bisa saja mengancam dan membuatnya tidak nyaman. Jika terpaksa harus berhubungan dengan orang lain, dia akan melindungi dirinya dengan berlapis-lapis perlindungan, baik berupa perlindungan fisik (misalnya birokrasi yang rumit atau rumah dengan pagar yang tinggi) dan perlindungan emosional (sikapnya yang dingin dan menarik diri secara berlebihan).

2. Spasi antar kata, huruf dan baris

a. Spasi ideal
Sebuah tulisan dikatakan ideal jika spasi antarkata, huruf maupun baris berjarak antara 2 – 3 huruf. Orang yang menulis dengan jarak ideal, umumnya merupakan orang yang stabil secara emosional, bahagia, serta mempunyai hubungan timbal balik yang sehat dan berimbang.  
 b. Spasi terlalu dekat

Jarak penulisan antarkata, huruf maupun baris yang terlalu dekat atau berhimpitan, mencerminkan bahwa diri penulisnya sedang tertekan dan tegang. Sangat mungkin bahwa orang ini bersifat tertutup dan berpandangan sempit. Ada hal menarik bahwa mungkin Anda menemukan sebuah tulisan dengan jarak antar huruf berhimpitan tetapi jarak antarkata sangat lebar. Tulisan ini menunjukkan bahwa diri penulisnya sedang mengalami pergolakan batin yang luar biasa. Orang seperti ini bukan teman bekerja yang akan membawa produktivitas. Dia cenderung memiliki ketakutan (paranoid) yang berlebihan

c. Spasi terlalu lebar


Itu sedikit gambaran mengenai grafologi, lebih lengkapnya bisa download versi pdfnya di sini
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Komunitas Gali Softskill (GOKILL)
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top