Monday 12 January 2015

Sehat dengan Gizi Seimbang



            Makanan merupakan hal yang krusial bagi keberlangsungan hidup manusia. Tanpa makan, manusia tidak dapat melangsungkan kehidupannya, karena dengan makan manusia memperoleh energi. Namun tidak semua makanan meningkatkan kualitas hidup manusia, beberapa jenis makanan mengandung zat-zat yang justru merusak kesehatan. Untuk itulah, manusia perlu memilih makanan yang berkualitas agar hidup juga berkualitas.
            Selama ini masyarakat Indonesia mengenal menu empat sehat lima sempurna sebagai semboyan dalam mengonsumsi makanan. Namun, sekarang semboyan tersebut sudah tidak dipakai. Hal tersebut dikarenakan semboyan empat sehat lima sempurna dianggap belum memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia. Selain itu, dalam semboyan empat sehat lima sempurna, posisi susu dianggap sebagai minuman dewa yang melengkapi keempat jenis makanan lainnya. Padahal, kandungan protein dalam susu tidak lebih tinggi dibandingkan dengan telur, daging, ikan, dan lain-lain. Sekarang semboyan empat sehat lima sempurna diganti dengan tumpeng gizi seimbang. Tumpeng gizi seimbang berbentuk piramida, dengan level terbawah yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, level diatasnya yakni sayuran disusul dengan jenis ikan-ikanan dan daging, dan di level teratas sekaligus yang jumlahnya tersedikit yakni garam, minyak dan gula. Dan tak lupa aktivitas fisik juga merupakan bagian dari tumpeng gizi seimbang. Tumpeng gizi seimbang dapat digambarkan.


                                                                                                                                   
                                                                                                                                   

              Untuk mencapai gizi yang seimbang ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :
1.      Kurangi gorengan
2.      Minum air putih sebanyak 8 gelas per hari
3.      Jangan lupa beraktivitas
4.      Jangan lupa menjaga kebersihan
5.      Dan pantau berat badan secara rutin.
Secara umum gizi seimbang mempunyai empat pilar utama yaitu :
1.        Prinsip keanekaragaman
2.        Prinsip kebersihan makanan
3.        Prinsip hidup aktif dan olahraga
4.        Prinsip mempertahankan berat badan.
              Salah satu pilar utama gizi seimbang adalah berat badan. Berat badan merupakan hal yang penting bagi manusia. Orang yang sehat dan mempunyai gizi seimbang cenderung mempunyai berat badan yang ideal. Berat badan yang ideal  berarti sesuai dengan tinggi badan. Untuk mengetahui apakah seseorang mempunyai berat badan yang ideal atau tidak dapat menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang mempunyai rumus : Berat Badan/ tinggi badan dalam meter dikuadratkan.
              Seseorang yang memiliki berat badan kurang maupun berlebih ( obesitas) cenderung untuk mudah terserang berbagai penyakit. Apabila berat badan kurang (gizi buruk), maka berbagai penyakit infeksi akan mengintai. Sebaliknya apabila berat badan berlebih (obesitas), berbagai penyakit degeneratif akan menyerang tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, berat badan perlu diatur agar tetap berada pada skala ideal. Beberapa cara untuk mengatur berat badan yakni :
1.      Pengaturan diet yang meliputi jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi
2.      Pengaturan aktivitas fisik
3.      Perubahan perilaku dan lingkungan.

Ditulis oleh : Ayu Khasanah
editor : Nur Novilina Arifianingsih
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Komunitas Gali Softskill (GOKILL)
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top