Thursday 3 October 2013

Diskusi Jum'at Penuh Berkah (Part I) - Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi orang Lain

Naaaah.... setelah minggu lalu Gokillers Ngobrol Bareng Bule, bisa dicek di link ini: http://komunitasgokill.blogspot.com/2013/10/gokillers-dalam-nongkrong-bareng-bule.html

Jumat kemarin tanggal 27 September kemarin kita kumpul-kumpul lagi... kali ini tempat yang beruntung itu adalah BUNDERAN WP.. Bunderan WP ini selain terkenal karena banyaknya mahasiswa yang berpadu kasih juga terkenal dengan ke-PW-an nya. Ditemani wangi angin di sore hari, prajurit Gokill berkumpul pukul 15.30.

om Lasin tanpa ragu membawa sebuah papan tulis lengkap dengan spidol dan penghapusnya (yang menurut semua orang adalah spons cuci piring).

Sebelum mulai ternyata ada sekelompok orang yang juga mau berkumpul di sana, yah tentu saja karena ini adalah tempat umum jadi sah-sah saja. Mereka dari kumpulan mahasiswa Islam, ukhti ukhti dan akhi akhi gitu deh *.* (lasin dan fauzi mengambil kesempatan ini untuk memancing dan menjaring namun sayang mereka menjaring ikan paus dengan umpan ikan lele).

Acara Gokill dimulai dengan berdoa dan kami sama-sama menyatakan pendapat tentang Gokill di mata kami, dan ini sungguh membuat mata kami berkaca-kaca (karena kelilipan), here they are:

Gokill di Mata....

Lina: Sebuah perkumpulan sebagai tunas baru menuju perubahan peradaban dunia. (Subhanallah ^.^)

Ismail: Sebuah komunitas yang memiliki sebuah Group di Facebook yang isinya postingan Lasin semua. (betapa terlalu jujur anak ini...)

Galuh: Sesuatu yang bisa mempererat tali silaturahmi dan arti kekeluargaan. (Galuuuh kamu anggap kami keluarga??? #tangisanbadaicetarmembahana)

Fauzi: Sebuah citra baru untuk melengkapi harmonisasi kampus. (Dasar aktivis pikirannya pergerakan kampuuus mulu hahaha)

Puti: Gokill adalah komunitas PENGUBAH DUNIA menjadi lebih baik (amiiin...)

Amel: Kumpulan anak muda untuk Indonesia dan dunia. (Wooow visioner sekali Saudari Amel)

Lasin: Go + Kill = Pergi Membunuh, Membunuh Kebodohan. (speechless... go international bgt nih bahasanya hahaha)

Sumpaaah terharu banget kan bacanya... ternyata dalam keheningan di malam hari dan hiruk pikuk terminal Terboyo (apa sih ini?) masih ada Gokill di sudut hati teman-teman semua.

Nah setelah itu kita mulai masuk ke acara berikutnya yaitu diskusi yang difasilitasi mbak cantik sejagad raya alam semesta, Mbak Lina... Doi membahas sebuah buku berjudul "Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi orang Lain karya Dale Carnagie.

Nah berikut ini ada beberapa pendapat awal tentang pribadi yang bisa membuat seseorang mempunyai banyak teman:

1. Ramah

2. Humoris

3. Komunikatif

4. Murah Senyum

5. Ceria

6. Easy Going

7. Pendengar yang Baik

8. Terbuka (open minded)

Semuanya bagus banget kan... tapi ternyata di buku kecil dengan cover berwarna hijau itu ada beberapa tips and trik yang bisa dilakukan untuk menjadi orang menyenangkan. Really aplicative!

Ini dia beberapa hal yang kita bahas bersama:

1. Jangan pernah mengkritik.

Siapapun orang di dunia ini pasti pada dasarnya tidak suka dikritik. Mengkritik justru akan menjadi jalan yang efektif bagi seseorang untuk memperburuk kualitasnya sebagai manusia. Inilah yang selalu di praktikan oleh Nabi Muhammad SAW, dalam keadaan sangat marah pun beliau tak pernah mengeluarkan kata-kata kasar, hanya peluh keringat yang jatuh membasahi keningnya.

2. Berilah pujian yag tulus

Gokillers pasti pada seneng kan kalau dipuji bahkan jika itu hanyalah pujian kecil seperti "Wah model kerudung kamu hari ini modis banget" atau "Wah bagus banget sih presentasi kamu kemarin, ajarin dong" adem kan ya dengernya? Itulah sifat dasar manusia, manusia pastilah ingin dihargai. Lagi-lagi contoh paling tepat adalah Rasulullah. Beliau sering memberikan panggilan yang baik pada sahabat-sahabatnya. Seperti istrinya Aisyah yang selalu dipanggil dengan sebutan "Pipi Yang Kemerah-Merahan" mungkin kalau zaman ini semacam "si cantik", duileeh

3. Tertariklah pada orang lain

Mana yang membuat Gokillers lebih nyaman? Yang selalu menceritakan dirinya sampai berjam-jam, mulai dari dia brojol ke muka bumi sampai rencana dia 50 tahun lagi, atau seseorang yang menanyakan dengan antusias apa mimpi teman-teman dan apa yang menarik hati teman-teman? sudahlah pertanyaan retorik itu hahaha

4. Kata yang terpenting di dunia ini adalah 'Nama Mereka'

Nah ini yang sering banget terjadi di kehidupan kita.. melupakan nama orang lain. Padahal secara psikologis ketika kita menyebutkan nama seseorang, ia akan merasa diperhatikan, dihargai dan diingat. Pasti sering banget kan kita 'feeling guilty' waktu kita disapa orang tapi kita lupa namanya, jadi kita cuma bisa nyengir-nyengir kuda gitu deh. begitu juga sebaliknya pernah ga sih ngerasa terhujam jantungku banget waktu si gebetan atau kawan baru tiba-tiba nanya gini pas kita sapa "Siapa ya?"

JLEB. Jadi mengingat nama orang adalah hal terpenting bagi siapa saja yang ingin memiliki banyak teman

Yup itulah tips and trick sederhana buat mencari teman, wanna try??

Gokill di mata Gokillers
muka ichwan biasa aja kali wan...hahaha

Fauzi dengan senyum mautnya

Lina yang jadi motivator dengan penuh semangat sampai muka ga kontrol

Galuh dan Amel (yang dalam hati pengen jauh-jauh dari Fauzi)

inilah pendapat Gokillers tentang pribadi yang bisa punya banyak teman


NB: Walaupun pejuang Gokill yang datang tidak begitu banyak tapi antusiasme yang sangat baik membuat acara diskusi ini menjadi acara yang rencananya akan diadakan tiap minggu dengan fasilitator yang berbeda-beda tiap minggunya. So, tunggu apa lagi, come and share every positive things in our life ^.^

ini jadwal yang sudah terisi padat 7 minggu kedepan


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Komunitas Gali Softskill (GOKILL)
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top