Monday 25 November 2013

Jumat Berilmu Bersama Mas Alfian



Hai, you guys! Kita dari komunitas Gokill bakal mengulas tentang apa yang kita bahas pada “Jumat Berilmu” pada hari Sabtu, 9 November 2013
 Fasilitator kali ini yaitu Mas Alfian Adi Atmaja,seorang calon engineer jurusan Tek. Geodesi UNDIP yang udah pernah nyicip gimana rasanya tinggal di Korea Selatan.
Tapi kali ini kita gak bakal bahas pengalaman Mas Alfian di negeri Ginseng, namun kita bakal bahas ilmu dan tips yang Mas Alfian bagi yaitu berjudul “Better Future : Merencanakan Masa Depan”
Kalau bicara soal masa depan, apa sih yang pertama kali yang kalian pikirkan? Cita-cita? Asa? Keinginan? Pastinya banyak dong ya..
Nah dari sekian banyak hal yang ingin kalian capai, apa yang udah kalian lakukan untuk berusaha mencapainya? Di sini Mas Alfian punya tips untuk merencanakan masa depan.
·         Tentukan Target serta Visi dan Misi dari Hidup kalian.
Apa sih target yang ingin kalian capai dalam hidup ini? Baik jangka pendek maupun jangka panjang. Buat listnya. Untuk visi misi mas Alfian punya contohnya sebagai berikut:
Untuk kalian yang mungkin punya prioritas yang berbeda bisa menentukan sendiri sesuai versinya.
·         Semua berawal dari perencanaan.
Dalam suatu pembangunan, perlu diadakan perencanaan yang matang agar pembangunan dapat berjalan dengan baik. Sama halnya dengan pembangunan, masa depan juga butuh perencanaan. Agar bisa tercapai sesuai keinginan. Jangan lupa di buat timeline sama deadlinenya ya. Serta rentetan hal – hal yang harus kalian lakukan.
·         Berani lah mengambil keputusan
Dalam hidup kita selalu di hadapkan dengan berbagai pilihan, dan pilihan itu punya konsekuensi. Terkadang yang kita rencanakan tidak selalu sesuai dengan pilihan yang kita hadapi. Disini lah kita mengenal yang disebut dengan opportunity cost. Karena itu kalian harus berani mengambil keputusan sesuai dengan perencanaan yang telah kalian susun. Utamakan skala prioritas, untuk memudahkan kalian bisa meletakkan pilihan itu pada 4 kuadran yaitu : penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting mendesak dan tidak penting tidak mendesak. Ini bakal buat ngambil keputusan jadi lebih mudah karena sudah kalian klasifikasikan. J
·         Kendalikan diri
Setelah kalian mengambil keputusan kalian harus bisa mengendalikan diri, jangan PLIN –PLAN! Kalian sudah memilih, jadi jalanilah pilihan kalian dengan segenap kemampuan karena itu yang akan menentukan hasilnya. Percayalah, “Man saara ala darbi washala” ( siapa yang berjalan di jalannya akan sampai ke tujuan)
·         Kebahagiaan Dunia dan Akhirat
Nah, ini penting banget nih. Kita hidup di dunia ini kan hanya sementara. Ada kehidupan yang lebih kekal setelah kematian. Karena itu, dalam merencanakan dan mencapai masa depan kita tidak cuma mengutamakan kebahagiaan duniawi saja. Tapi juga akhirat, karena kita semua akan kembali kepada- Nya..
Rasulullah SAW bersabda: “Orang pintar/cerdas adalah orang yang menyiapkan dirinya untuk menghadapi kehidupan setelah kematiannya.”
·         If you can dream it, you can do it. If you can imagine it, you can achive it.
Inti dari quote ini ialah, ketika kalian bisa membayangkan apa yang ingin kalian capai maka kalian bisa meraihnya. Selama niat kalian baik, kalian akan selalu dibukakan jalan oleh Tuhan.

Percaya atau tidak, IQ hanya menentukan 6 – 20% dari keberhasilan seseorang. Nah 80% nya lagi dari apa? Bisa dilihat di hasil penelitian yang dipublikasikan oleh the National Association of Colleges and Employers, USA, 2002. Ternyata dari hasil survey, IPK / GPA urutan ke- 17 Yang menjadi urutan atas yaitu soft skill. Jadi jangan berkecil hati buat temen-temen yang nilai akademisnya pas-pas an, kalian masih bisa kok menjadi sukses. Kembangkanlah soft skill kalian. :D
Menurut mas Alfian rumus keberuntungan ialah :
Keberuntungan = Kesempatan + Persiapan
Jadi buat kalian yang pintar mencari kesempatan dan mempersiapkan untuk itu sebaik-baiknya, maka kalian akan meraih keberuntungan
Dan rumus kesuksesan yaitu :
kesuksesan = Kerja keras + Do’a +Visi
Kesuksesan itu berasal dari kerja keras yang diiringi dengan doa serta dengan visi yang telah kalian rencanakan
Dalam mencapa better future kita tidak cuma melulu hanya mengejar sukses, tapi juga kebahagiaan. Nah menurut versi mas Alfian yaitu kebahagiaan iti berasal dari:
·         Keluarga
·         Pekerjaan yang sesuai
·         Lingkungan tempat tinggal
Kita bahas satu –satu ya.
·         Keluarga
Keluarga adalah tatanan sosial yang paling dekat dengan kita,dan juga salah satu penentu kebahagian kita. Terkait dengan hubungan kita dengan orang tua, hubungan dengan life partner kita (suami/ istri), dan bagaimana kita mendidik anak-anak kita
·         Pekerjaan yang sesuai
Kalian mau kerja dimana sih? Kerja di bidang apa? Pilihlah sesuai dengan passion kalian. Atau mungkin kalian mau melanjutkan studi? Atau mau jadi wirausahawan? Tentukan ya! ini akan menentukan kebehagiaan kalian nantinya. Karena pekerjaan yang sesuai akan membuat kalian lebih nyaman dalam bekerja. Bekerja itu tidak untuk mencari uang saja lho!
·         Lingkungan tempat tinggal
Tempat tinggal akan menentukan kualitas hidup dan pola pikir kita. Hal ini tergatung kepada dengan siapa kita bergaul, lokasi tempat tinggal kita, gaya hidup yang kita terapkan, serta berhubungan dengan ‘agama’ dimana kita tinggal.

Nah sekian dulu ya dari kita, Gokillers! Berjumpa lagi di lain ilmu dan kesempatan! :D


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Komunitas Gali Softskill (GOKILL)
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top